Berita

KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN, BUKA PELATIHAN EDUKASI PENGELOLA BANK SAMPAH DI BANTUL

KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN, BUKA PELATIHAN EDUKASI PENGELOLA BANK SAMPAH DI BANTUL

  • 5 August 2021

DITJEN PSLB3 KLHK, Jumat 18 Juni 2021

Pada kunjungan kali ini Ke Jogjakarta, Wamen LHK bersama Direktur Jenderal PSLB3, juga berkunjung Ke Bank Sampah Gemah Ripah yang ada di Kabupaten Bantul. Selain meninjau bank sampah, juga membuka kegiatan pelatihan edukasi pengelola bank sampah bersama Pemkab Bantul, guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kunjungan tersebut dilakukan Wamen KLHK Alue Dahong dalam rangka membuka pelatihan edukasi pengelola bank sampah serta meninjau bank sampah yang ada di Bantul.

Wakil Menteri KLHK mengatakan salah satu cara mengatasi permasalahan sampah utamanya sampah rumah tangga adalah melalui keberadaan bank sampah. 

" Dari bank sampah ini selain membantu pengelolaan sampah juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ".

Wamen mengungkapkan saat ini di Indonesia ada 11 ribuan bank sampah namun yang aktif hanya 7 ribuan. Adanya aturan baru larangan impor barang bahan baku daur ulang menjadi celah kesempatan bank sampah memenuhi kebutuhan bahan baku daur ulang untuk industri,


Utamanya bahan baku daur ulang plastik dan kertas.

Dalam sambutan selamat datang, Bupati Bantul menyampaikan bahwa Pemkab telah mencanangkan program Bersih Bantulku Sejahtera Hidupku yang salah satu aspeknya adalah pengelolaan sampah yang lebih mandiri.