Berita

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

  • 5 August 2021

Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia. Kini saatnya platform HPSN dapat bergeser kepada aktualisasi produktivitas masyarakat, melalui upaya-upaya penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam mensejahterakan masyarakat dan

dalam upaya ikut memacu pertumbuhan ekonomi.


Menteri Lhk Siti Nurbaya mengucapkan terimakasih atas lahirnya banyak gerakan less waste dan zero waste di tataran masyarakat yang berkembang sangat signifikan. Partisipasi elemen masyarakat yang luar biasa baik dan membanggakan, telah menghasilkan cukup banyak kebaikan, inisiatif, kreativitas dan sangat-sangat positif.


Peringatan HPSN 2021 dilaksanakan secara serentak di tingkat nasional dan daerah oleh pemerintah, dunia usaha dan elemen masyarakat, serta diselenggarakan secara virtual/online melalui kegiatan Bulan Peduli Sampah sepanjang Februari 2021 dengan puncak kegiatan pada tanggal 22 Februari 2021. Selain itu digelar virtual exhibition berjudul Festival Peduli Sampah Nasional yang dilaksanakan sejak hari ini sampai dengan Oktober 2021.


Seluruh peringatan kegiatan HPSN 2021 dapat diikuti melalui website:

www.haripedulisampah.id.


Dalam kesempatan HPSN 2021 diserahkan Plakat Dana Insentif Daerah (DID) Pengelolaan Sampah tahun 2020. Saya ucapkan selamat pada Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten Badung, Kota Balikpapan, Banjarmasin, Kota Surabaya, Kota Jayapura, Kota Bandung, Kota Banjarbaru, Kota Jambi, Kota Bogor, Kota Bontang, Kota Depok, Kota Malang dan Pemerintah Kota Denpasar.


Selamat pada penerima Penghargaan Lifetime Achievement Award Kepada tokoh pengelolaan sampah Nasional, yang diberikan pada Prof. Dr. Enri Damanhuri mewakili Akademisi, Dr.Bambang Suwerda mewakili Praktisi, dan Titiek Puspa mewakili Seniman pencipta lagu ‘Sampah Sayang’.


Untuk memenuhi kebutuhan data secara cepat, akurat dan up to date, KLHK pada kesempatan ini meluncurkan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) yang diharapkan menjadi platform dengan konsep big data sehingga dapat diakses oleh publik guna mengetahui kondisi pengelolaan sampah di Indonesia.